Contoh CV beserta Tips Penulisannya agar Gampang Dilirik HRD

Contoh CV - Memiliki pekerjaan tentu saja sangat diperlukan oleh banyak orang, karena sebagai manusia kita memiliki kebutuhan sandang pangan yang mau tidak mau harus kita penuhi, apalagi kalau kita memiliki keluarga atau menjadi tulang punggung keluarga anda.

contoh CV

Untuk melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan, anda perlu menulis surat lamaran kerja dan CV. Sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana cara menulis dan contoh CV yang baik dan benar. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis CV yang baik dan benar serta contohnya. CV atau curriculum vitae merupakan bagian vital yang sama pentingnya dengan surat lamaran kerja dan harus anda tulis dengan baik, bukan hanya asal menulis saja. Jika anda ingin tahu apa saja sih tips-tips menulis CV yang baik itu? Dan seperti apa contoh CV yang baik dan benar, maka bacalah penjelasannya dibawah ini:

1. Terlebih dahulu pahami dasar menulis CV

Untuk menulis CV yang baik dan benar, pertama –tama anda harus memperhatikan dasar penulisan CV. Apa saja yang perlu anda tulis ke dalam lembaran CV anda? Diantaranya adalah riwayat pendidikan, data diri, alamat rumah anda dan lain sebagainya, nanti bisa anda lihat sendiri pada contoh CV yang akan saya sertakan dibawah.

2. Jangan sampai tidak menulis nomor HP anda

Ini merupakan masalah yang sering dianggap sepele padahal dampaknya sangat fatal. Bagaimana tidak, ketika pihak HRD tertarik untuk merekrut anda dan ingin melakukan interview dengan anda, ketika menghubungi malah tidak bisa, sama saja anda membuang kesempatan emas untuk bekerja di perusahaan tempat anda melamar.

3. Terdiri satu halaman saja, jangan banyak banyak

Sebagian orang mungkin berfikiran bahwa semakin banyak lembar CV yang anda tulis, semakin baik, pemikiran ini tidaklah salah jika pihak HRD hanya memeriksa CV anda saja, nah umumnya yang melamar pada suatu perusahaan, ada ratusan orang bahkan ribuan, jika anda menulis CV menjadi beberapa lembar, tentu saja hal tersebut bakalan memperlama tugas pihak HRD, dan parahnya CV anda hanya dibaca sebagian atau kemungkinan paling parah adalah pihak HRD malah tidak membaca CV anda karena terlalu banyak.

4. Sertakan pengalaman anda

Untuk meyakinkan pihak HRD, tulislah pengalaman anda yang berhubungan dengan posisi atau jabatan yang anda lamar. Ingat ya cuman pengalaman pekerjaan saja, bukan pengalaman lain. Karena dengan pengalaman ini, pihak HRD semakin yakin bahwa anda merupakan orang yang dibutuhkan di perusahaan mereka.

Selanjutnya anda perlu mengetahui seperti apa sih contoh CV yang baik dan benar. Inilah contohnya:

Itulah tips penulisan CV yang baik dan benar beserta contoh yang sudah disertakan diatas. Pastikan anda mengikuti tips dari saya agar anda cepat mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya, jangan lupa tetap kunjungi blog Berbagi.web.id ya.

Related Posts

Share this

Recommended For You

Previous
Next Post »