Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (+3 Tips Penulisannya)

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar itu harus memenuhi beberapa aspek, salah satunya penggunaan bahasa yang baik dan sopan, menarik dan hal lainnnya yang akan kita bahas pada artikel berikut ini. Seperti yang kita ketahui bahwa surat lamaran kerja dan CV merupakan hal yang amat dan harus ditulis dengan baik dan benar, bukan asal menulis, karena nantinya ini dijadikan pertimbangan oleh pihak HRD apakah anda layak atau tidak bekerja di perusahaan mereka, tetapi tentu saja anda harus lolos tes kesehatan, tes wawancara atau tes lainnya yang sudah ditetapkan oleh pihak HRD perusahaan.

contoh surat lamaran kerja

Sebelumnya anda perlu mengetahui bagaimana sih tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut tips-tipsnya:

Gunakan bahasa yang sesuai EYD, jauhi bahasa alay

Agar terlihat beda dari yang lain, beberapa orang menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan EYD sampai menggunakan bahasa alay yang seharusnya perlu dihindari. Menggunakan bahasa-bahasa tersebut tentu saja akan membuat surat lamaran kerja anda terkesan tidak profesional, ya bisa jadi surat lamaran kerja anda hanya dibaca sekilas dan ditumpuk kembali, tanpa ada niatan dari pihak HRD untuk memilih anda bekerja di perusahaan mereka.

Surat lamaran kerja dikemas semenarik mungkin

Surat lamaran kerja yang anda tulis harus menarik tetapi jangan sampai bahasa yang digunakan terlalu alay atau tidak sesuai dengan EYD. Anda bisa menggunakan kata-kata yang membuat HRD tertarik dengan anda, tetapi tetap jangan terlihat merendahkan maupun meninggikan diri anda.
Jadi, buatlah kata-kata yang membuat HRD tertatik untuk membaca lanjut surat lamaran kerja anda dan pastikan tidak menggunakan bahasa yang sulit dimengerti atau tidak umum.

Mudah dibaca

Seperti yang anda ketahui jika anda harus memperhatikan penulisan dalam surat lamaran kerja anda. Jika anda sudah selesai mengemasnya menjadi menarik dan juga sudah menggunakan bahasa yang sesuai dengan EYD, maka anda harus benar-benar memasukan bahwa surat lamaran kerja mudah dibaca dan tidak bertele-tele. Ingat, pastikan tidak bertele-tele, karena pihak HRD sangat tidak menyukai ini. Baca kembali surat lamaran kerja anda dan pastikan juga tidak ada typo atau kesalahan ketik karena dampaknya nanti bisa fatal, apalagi ketika menuliskan nomor HP, kalau salah, bagaimana caranya pihak HRD menghubungi anda?

Nah selanjutnya bagaimana sih contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut contohnya:



Itulah tips-tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta seperti apa sih contoh surat lamaran kerja. Baiklah, sekian untuk artikel kali ini dan semoga anda segera mendapatkan pekerjaan yang anda idam-idamkan. Pastikan anda selalu mengunjungi blog Berbagi.web.id untuk mendapatkan informasi bermanfaat dari kami.

Related Posts

Share this

Recommended For You

First